Senin, 14 Juli 2008

Mengatasi Komputer Lambat

Akibat Spoolsv.exe Memakan Memori CPU hingga 99%

Beberapa hari yang lalu komputer saya tiba-tiba terasa lambat sekali. Langkah-langkah standar yang biasa saya lakukan seperti scan registry, scan virus dan defrag, tidak membawa hasil signifikan. Begitu juga dengan mengurangi jumlah program yang terinstal, sudah banyak yang saya uninstal, masih tetap saja... lemot.

Akhirnya saya coba Ctrl+Alt+Del untuk masuk ke Windows Task Manager. Dari sini saya baru sadar bahwa ternyata ada satu proses yang memakan memori CPU secara tidak wajar, yakni hingga mencapai 99%. Ini adalah proses dari file bernama spoolsv.exe.

Apa itu Spoolsv?

Spoolsv.exe adalah file bawaan Windows yang bertugas mengendalikan pekerjaan print dan fax di komputer kita. File ini terletak di direktori windows tepatnya di c:\windows\system32 or c:\winnt\system32, dan mempunyai deskripsi sebagai "Spooler SubSystem App".

Hati-hati, jangan jangan Virus !!

Dari hasil googling mengenai spoolsv, memang file ini dimungkinkan untuk disusupi virus, trojan, ataupun worm. Mereka, para virus ini akan mengambil alih nama file spoolsv.exe. Tapi kita akan kesulitan menentukan ini virus atau file asli punya windows. Untuk memastikannya sebaiknya kita gunakan antivirus atau tool-tool yang lain yang bisa mendeteksi file ini. Saya sendiri menggunakan software Security Task Manager yang bisa didownload di alamat berikut : http://www.neuber.com/taskmanager/download.html .

Memakan Memori CPU berlebihan, Bagaimana Solusinya?

Namun dari pengalaman saya setelah cek dengan Security Task Manager, ternyata file ini aman tidak terinveksi virus. Tapi mengapa file ini bisa memakan memory CPU secera berlebihan? bahkan hingga 99%. Ini ternyata disebabkan masih adanya printer job di spool Windows. Sebagai solusi, kita bisa menghapusnya secara manual dengan cara:

1. Buka Control Panel

2. Masuk ke Administrative Tools

3. Masuk ke Services

4. Cari Print Spooler

5. Klik kanan dan stop untuk sementara.

6. Sekarang buka Windows Explorer dan masuk ke c:\windows\system32\spool\PRINTERS. Hapus semua file yang ada disitu.

7. Setelah selesai anda bisa kembali ke Service tadi untuk menstart kembali Print Spooler.

Namun demikian file ini sebetulnya bukanlah termasuk "critical process" dan aman saja jika kita menghapusnya dari task manager.

Saya tidak tahu yang ada di komputer saya ini terinveksi virus atau tidak, tapi saya selalu menonaktifkan proses ini setiap kali menggunakan komputer ini.

Tidak ada komentar: